Lesson Plan No.1.History and Cell Teory
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LESSON PLAN
No.1
Num.1
Sejarah Penelitan Sel dan Teori-Teori Sel
The History of Cellullar Research and Cell Theory
Nama Sekolah : SMA N 1 Kota Bima
School Name : SMAN 1 Bima City
Mata Pelajaran : Biologi
Subject : Biology
Kelas/Semester : XI IPA / 1 ( Pertama )
Class/Semester : XI SAINS / 1 ( First )
Alokasi Waktu : 2 X 45’
Time Alllotment : 2 X 45
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Standart of Competency : 1. Understanding the structure and function of the cell as the
smallest unit of life
Kompetensi Dasar : 1.1.Mengetahui tentang sejarah penemuan sel.
Basic Competency : 1.1.Knowing about the history of cellular discovery.
A.Indikator
Indicators :
1.Menjelaskan tentang sejarah penemuan sel
Explaining about the history of cellular discovery.
2.Menjelaskan beberapa teori sel.
Explaining several cell theories.
B. Tujuan Pembelajaran
Objectives Learning :
1.Melalui pengkajian literatur,siswa mampu menjelaskan tentang sejarah penemuan sel.
Through study literature,student be able to explain about the history of cellular discovery.
2. Melalui pengkajian literatur,siswa mampu menjelaskan beberapa teori sel.
Through study literature,student be able to explain about several cell theories.
3.Melalui penugasan terstruktur, siswa mampu mengkomunikasikan hasil kajiannya secara lisan di
depan kelas.
Through stuructued task, student be able to communicate the study results orally to the class.
4. Melalui kegiatan mandiri,siswa mampu membuat laporan hasil kajian literatur tentang sejarah
penemuan sel dan teori-teori sel.
Through independently activity, student be able to make literature review report about
history of cellular discovery and cell theories.
C. Materi Pembelajaran
Learning Materials
Sejarah Penelitan Sel
The History of Cellullar Research
Penelitian tentang sel telah dilakukan oleh:Aristoteles,Robert Hooke,Antony van Leeuwenhoek,dll.
Research about cell has been done by: Aristoteles,Robert Hooke,Antony van Leeuwenhoek,etc.
Teori-Teori Sel
Cell Theory
Teori-teori sel :Sel sebagai kesatuan structural,fungsional,reproduksi,pertumbuhan,penurunan
sifat(hereditas).
Cell theories: Cell as the unit of structural,functional,reproduction,growth,
property (heredity) inheritance.
D. Model , Strategi dan Metode Pembelajaran
Model ,Strategy and Method of Learning
- Model Pembelajaran : Kooperatif dan mandiri
Model of Learning : Cooperative and personal
- Strategi Pembelajaran : Diskoveri inkuiri
Strategy of Learning : Discovery inquiri
- Metode Pembelajaran : Pengkajian literatur dan diskusi
Method of Learning : Literature review and discussion
E.Langkah-langkah Pembelajaran:
Steps of Learning :
1. Tatap Muka
Meeting Activity
Proses Process | Kegiatan PembelajaranLearning Activities | Alokasi Waktu Time Allocation |
Kegiatan Awal Pre Activities | -Memberikan apersepsi pada siswa dengan menayangkan gambar pohon pada saat kemarau menggugurkan daunnya. Giving aperseption at students by displaying a picture about a tree at dry season that fall of its leaves. -Memotivasi siswa dengan mengajukan beberapa pernyataan dan pertanyaan:Daun-daun yang gugur ini menunjukkan bahwa sel-selnya sudah mati.Apakah sel itu?Bagaimana sel-sel itu menyusun suatu organisme? Motivating student by raising statement and some question: Leaves that fall off is showing its cell be dead.What is cell?How that cells arrange a organism? - Menjelaskan tujuan pembelajaran. Explaining the objectives learning. | 5’ |
Kegiatan Inti Core Activities | Mengarahkan siswa untuk: Instructing student to ; 1.Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang sejarah penemuan sel. Reviewing the literature from various sources about history of cellular discovery. 2.Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang teori-teori sel. Reviewing the literature from various source about cell theories. | 35’ |
Kegiatan Penutup Clossing Activities | - Mengevaluasi siswa dengan beberapa pertanyaan mengenai materi yang sudah disampaikan. Evaluating students with a few questions about material that had been delivered. - Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dari hasil kegiatan pembelajaran. Instructing student to make conclusions from the results of learning activities. - Memberikan tugas rumah(Kegiatan Mandiri) pada siswa. Giving home wor (Independently Activity) to students. - Menginformasikan materi pembelajaran untu pertemuan berikutnya dan menutup kegiatan pembelajaran. To inform learning materials the next meeting and close the learning activities. | 10 |
2. Penugasan Terstruktur
Struktural Assignment
Alokasi Waktu
Time Allocation : 40’
Mengkomunikasikan hasil kajiannya secara lisan di depan kelas.
Communicatingthe study results orally to the class.
3. Kegiatan Mandiri
Independently Activity
Membuat laporan hasil kajian literature tentang sejarah penemuan sel dan teori-teori sel.
Making literature review report about history of cellular discovery and cell theories.
F. Sumber/Alat/Bahan
Sources/Tools/Material
Sumber :Buku acuan yang relevan dan internet.
Source : Relevant reference books and internet.
Alat :OHP/Komputer,LCD.
Tools :OHP / Computers, LCD
Bahan :LKS dan Bahan presentasi tentang sejarah penemuan sel dan teori-teori sel.
Material :Student worksheet and presentation material about history of cellular discovery and
cell theories.
G. Penilaian
Evaluation
Jenis tagihan :Tugas individu, tugas kelompok, unjuk kerja, sikap, ulangan.
Type of bill : Individual tasks, task groups, performance, attitude, repeat.
Bentuk instrument : Produk (laporan kajian literatur tentang sejarah penemuan sel dan teori-teori sel.
pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis.
Form of instrument: Products (literature review report about history of cellular discovery and cell
theories),performance observation, observation of attitudes, multiple-choice tests,
test descriptions, quiz.
Kota Bima, 12 Juli 2010
Bima City,July 12th 2010
Mengetahui
Knowing by
Kepala Sekolah
Head Master, Guru Mata Pelajaran Biologi
Biology teacher,
Drs. Moh. Jafar H. Abbas Lily Nurlaeli,S.Pd
NIP.195208013 197602 1 001 NIP. 19700201 199512 2 004
Komentar
Posting Komentar