Syllabus Bilingual Biology X
S I L A B U S
SYLLABUS
Nama sekolah : SMA 1 KOTA BIMA
School name : SMA 1 Bima City
Mata Pelajaran : Biologi
Subject : Biology
Kelas/Program : X (Sepuluh) / Umum
Class / Program : X (Tenth) / General
Semester : 1 (Satu )
Semester : 1 (First )
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.
Standart Of Competence : 1.Understanding About Essence Of Biology As Science
Kompetensi DasarBasic Competence | Materi Pokok/ Materi Pembelajaran Main Material/ Learning Material | IndikatorIndicators | Kegiatan PembelajaranLearning Activity | PenilaianEvaluation | Alokasi Waktu Time Allocation | Sumber/ Alat/Bahan Sources/Tools/Material | ||
Tatap Muka Meeting Activity | Penugasan Terstruktur Struktured Assigment | Kegiatan mandiri Independently Activity | ||||||
1.1 Meng-identifikasi ruang lingkup Biologi 1.1 Identifying the scope of Biology | Ruang lingkup Biologi Biology Scope
Biologi merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Biology is the science which studies living things with all its problems. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya. Biological part of the science that has the same characteristics with the other sciences. Ruang lingkup biologi meliputi objek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasi kehidupan (sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,populasi, komunitas, ekosistem, biosfer). The scope includes biological objects and biological problems of various levels of organizational life (cells, tissues, organs, organ systems, individuals, populations, communities, ecosystems, biosphere). Teknologi menentukan perkembangan ilmu Biologi. Technology determines the development of biology. | · Menjelaskan karakteristik umum sains. · Describes the general characteristics of science. · Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi. · Describes the activities related to biology. Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi. Making a report fiel observations · Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi. o Explaining what studiied(scope) biology. · Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain. Shows the status and relevance of biology with other sciences. · Memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi. · Giving examples of the benefits of studying biology. · Memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi. · Giving examples of negative impacts that may arise due to the development of biology. · Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi. · Explaining the importance of science and technology in the development of Biology. | Guru Teacher Mengarahkan siswa untuk berdiskusi tentang karakteristik ilmu Biologi di antara ilmu sains lainnya. Instructing student to discuss about characteristics of Biology among other science. Mengarahkan siswa untuk menganalisis kedudukan ilmu Biologi dengan ilmu lain dalam pengembangan IPTEK menggunakan diagram/charta keilmuan melalui diskusi. Instructing student to analize the position Biology with onter science on development Science and Teknology by using scientic diagram or chart through discussion. | § Melakukan pengamatan lapangan menemukan ruang lingkup*) yang berkaitan dengan ilmu Biologi. § Doing field observation to find scope is connected with biology. *) Dapat dibelajarkan kekhasan spesies, ekosistem dari masing-masing daerah/wilayah. *) Can be learnt specially species,ecosystem of each area/region. | Menggali dari berbagai sumber informasi/penelurusan situs internet tentang manfaat mempelajari ilmu Biologi terkait dirinya dan lingkungannya dalam kehidupan Digging from multiple sources of information / penelurusan website about the benefits of studying biology associated himself and his surroundings in life Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi. Making a report field observations and discussions about the scope of Biology. | Jenis tagihan Type of bill: Tugas individu, tugas kelompok, observasi lapangan, ulangan. Individual tasks, group work, field observations, repeat. Bentuk instrumen: Form of instrument: Produk (laporan hasil pengamatan dan diskusi), pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian. Products (report observations and discussions), performance observation, observation of attitudes, multiple-choice test, a test description. | 2 X 45' | Sumber: Source: Buku acuan yang relevan, lingkungan sekitar.Relevant reference books, the environment. Alat: Tools: OHP/Komputer,LCD, VCD/CD player. OHP / Computers, LCD, VCD / CD player. Bahan: Material: LKS, Bahan presentasi, Berbagai gambar tingkat organisasi kehidupan, CD/VCD objek biologi. Student worksheet , presentation materials, various levels of organizational life images, CD / VCD biological objects. |
Kota Bima, 19 Juli 2009
Bima City, 19th of July 2009
Mengetahui
Knowing by
Kepala Sekolah
Head Master,
Guru Mata Pelajaran
Teacher Principal,
Drs. Moh. Jafar H. Abbas Lily Nurleli,S.Pd
NIP.195208013 197602 1 001 NIP. 19700201 199512 2 004
Komentar
Posting Komentar