3.1 Men-jelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia. Explaining the link between structure, function, and processes as well as disorders / diseases that can occur in the human motion system. | - Struktur dan fungsi tulang , otot dan sendi pada manusia Structure and function of bones, muscles and joints in humans
Rangka manusia digerakkan oleh otot yang melekat pada tulang, yang berhubungan melalui persendian. The human skeleton driven by muscle attached to bones, which connect through the joints.
- Proses gerak The process of motion
Mekanisme gerak dilakukan oleh serabut oot melalui gerakan filamin aktin dan miosin yang memerlukan ATP. Mechanism motion carried by the fibers through movement oot filamin actin and myosin that requires ATP.
- Kelainan/penyakit pada sistem gerak Disorders / diseases of the motion system
Beberapa gangguan pada sistem gerak, seperti fraktura, artritis, osteoartritis, skoliosis, hipertrofi, dll. Some interference with the motion system, such as fraktura, arthritis, osteoarthritis, scoliosis, hypertrophy, etc..
- Teknologi rehabilitasi pada kelaiinan/kerusakan sistem gerak. Rehabilitation technology in kelaiinan / motion system damage.
Perbaikan melalui ortopedi, penyambungan tulang menggunakan pen dll. Improvements through orthopedic, connecting bone using pens, etc.. | - Mengidentifikasi struktur dan fungsi tulang, sendi, dan otot dalam sistem gerak.
Identifying the structure and function of bones, joints, and muscles in motion systems - Menggambarkan struktur tulang, otot dan sendi.
Drawing the structure of bones, muscles and joints.
- Menjelaskan keterkaitan tulang, otot dan sendi dalam sistem gerak. Explaining the relevance of bone, muscle and joint motion in the system.
- Menjelaskan terjadinya proses gerak: gerak biasa dan gerak refleks. Explaining the process of motion: normal motion and reflexes.
- Mengurutkan proses terjadinya sebuah gerakan. Sort of a movement process.
- Menjelaskan mekanisme kerja otot sebagai alat gerak aktif. Explaining the mechanism of muscle as a means of active motion.
- Menjelaskan penyebab terjadinya kelainan/gangguan pada sistem gerak. Explaining the cause of the disorder / disturbances on the motion system.
- Menjelaskan cara menghindari/rehabiliitasi berbagai penyakit pada sistem gerak. Explains how to avoid / rehabiliitasi various diseases of the motion system.
- Membuat laporan hasil studi pemanfaatan teknologi pada kerusakan sistem gerak. Make a study report on the damage to the utilization of technology motion systems.
| Guru mengarahkan siswa untuk: Teacher instructing students to : - Melakukan kajian literatur menemukan struktur dan fungsi tulang, sendi, dan otot. Literature review found the structure and function of bones, joints, and muscles.
- Menganalisis bangun persendiaan menggunakan charta persendian /model rangka menemukan konstruksi ikatan antar tulang.
Analyzing joint structure using joints / model construction bond order found among the bones.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Mengamati proses terjadinya gerakan dengan pemodelan melalui diskusi kelompok. Observing the process by modeling the movement through discussion groups.
- Membuktikan otot sebagai alat gerak aktif dengan menggunakan otot betis kodok yang diberikan rangsangan pada frekuensi waktu tertentu dengan kerja kelompok.
Proving muscle as a means of active motion by using frog calf muscle stimulation given at a particular time frequency with group work. - Menganalisis terjadinya gerak biasa dan gerak refleks melalui pemodelan.
Analyzing the occurrence of unusual motion and reflexes through modeling.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Melakukan studi literatur/CD interaktif/penelusuran internet menemukan berbagai penyebab penyakit/kelainan yang terjadi pada sistem gerak. Study of literature / interactive CD / browsing the internet to find the causes of diseases / disorders that occur in the motion system.
- Menganalisis hasil studi menemukan upaya-upaya menghindari/rehabilitasi penyakit-penyakit tersebut. Analyzing the results of the study found the efforts to avoid / rehabilitation of these diseases.
- Mengkomunikasikan hasil studi tentang kelainan/penyakit pada sistem gerak. Communicate the results of the study of disorders / diseases of the motion system.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Menghimpun keterangan dari berbagai sumber literatur/internet tentang penggunaan teknologi untuk merehabilitasi kerusakan sistem gerak. Collecting information from various sources of literature / internet on the use of technology to rehabilitate damage to the motion system.
- Mengkomunikasikan hasil studi literatur/internet tentang penyebab penyakit/kelainan dgn menggunakan teknologi untuk merehabilitasi kerusakan sistem gerak. Communicate the results of the study of literature / internet about the causes of disease / disorder with using technology to rehabilitate damage to the motion system.
| - Melakukan pengamatan struktur tulang ayam yang sudah di rendam HCl di bawah mikroskop melalui kerja kelompok. Observing the structure of chicken bone in HCl soak under the microscope through group work.
| .Membuat laporan hasil kajian literatur dan pengamatan struktur tulang. Making a report of result literature review and result observation of bone structure.
| Jenis tagihan : Type of bill: Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan. The task groups, performance, test.
Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (hasil kajian literatur dan pengamatan struktur tulang), pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. Products (results of literature review and observation of bone structure), performance observation, observation of attitudes, multiple-choice tests, test descriptions, quiz.
Jenis tagihan : Type of bill:
Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan. The task groups, performance, test.
Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (laporan hasil pengamatan dan percobaan), pengamatan unjuk kerja, pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. Products (report observations and experiments), performance observation, observation of attitudes, multiple-choice tests, test descriptions, quiz. Jenis tagihan : Type of bill:
Tugas kelompok, ulangan. The task group, repeat.
Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (laporan hasil studi kelainan/penyakit pada sistem gerak), pengamatan sikap, tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. Products (study report abnormalities / diseases of the motion system), observation of attitudes, multiple-choice tests, test descriptions, quiz.
Jenis tagihan : Type of bill:
Tugas kelompok, ulangan. The task group, repeat.
Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (laporan hasil studi penggunaan teknologi merehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem gerak), tes pilihan ganda, tes uraian, kuis. Products (study reports the use of technology to rehabilitate disorders / diseases of the motion system), multiple-choice tests, test descriptions, quiz.
|
2X45'
2X45'
2X45'
2X45'
| Sumber: Source: Buku acuan
yang relevan, laboratorium. Relevant reference
books, lab.
Alat: Tools:
OHP/komputer, LCD, mikroskop, silet, kaca objek, kaca penutup, gelas kimia, model rangka. OHP / computer, LCD, microscopes, razors, glass objects, glass cover, glass chemistry, the skeleton model.
Bahan: Material:
LKS, bahan ajar, bahan presentasi, tulang ayam, larutan HCl 10% Worksheets, teaching materials, presentation materials, bone chicken, 10% HCl solution . .
|
|
3.2 Men-jelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah.
3.2. Explaining the link between structure, function, and processes as well as disorders / diseases that can occur in the circulatory system. |
- Struktur dan fungsi darah Structure and function of blood
Darah terdiri atas plasma darah dan sel darah, Blood consists of blood plasma and blood cells,
- Struktur alat peredaran darah Structure circulation tool
Struktur alat peredaran darah meliputi jantung dan pembuluh darah (arteri dan vena). Structure circulation tool includes the heart and blood vessels (arteries and veins).
- Proses peredaran darah manusia The process of human blood circulation
Peredaran darah manusia berlangsung dengan sistem tertutup melalui pembuluh darah. Human blood circulation going with a closed system through the blood vessels.
- Kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah Disorders / diseases of the circulatory system
Beberapa kelainan/penyakit seperti anemia, leukimia, penyakit jantung, thalasemia, arterosklerosis, kolesterol, diabetes. Some disorders / diseases such as anemia, leukemia, heart disease, thalasemia, arterosklerosis, cholesterol, diabetes.
- Teknologi yang berkaitan dengan sistem peredaran darah Technology related to circulatory system
Penggunaan alat pacu jantung, penghambat pembekuan darah pada proses transfusi dapat memperpanjang usia hidup manusia. The use of a pacemaker, inhibiting blood clotting in the transfusion process can extend the human life.
Peredaran darah hewan Animal circulation Cacing, belalang, ikan, katak, reptil dan burung berbeda dengan manusia. Worms, grasshoppers, fish, frogs, reptiles and birds differ from humans. |
- Menjelaskan komponen darah: plasma dan sel-sel darah. Explaining blood components: plasma and blood cells.
- Menjelaskan fungsi darah. Explain the function of blood.
- Menggambarkan macam-macam sel darah Describes the various blood cells
- Menjelaskan fungsi darah, jantung, dan pembuluh darah (arteri dan vena). Explaining the function of blood, heart, and blood vessels (arteries and veins).
- Menentukan golongan darahnya sendiri. Determine the blood type itself.
- Menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah. Explaining the basic principles of classification of blood.
- Menjelaskan dasar-dasar transfusi darah. Explain the basics of blood transfusion.
- Menjelaskan berbagai alat-alat yang berkaitan dengan peredaran darah. Describes the various tools associated with blood circulation.
- Membedakan antara pembuluh vena dan arteri. Distinguishing between veins and arteries.
- Membedakan peredaran darah balik dan peredaran darah nadi. Distinguishing blood circulation and blood circulation through the veins.
- Membedakan peredaran darah pendek dan peredaran darah panjang dan lintasan/alat-alat yang dilalui . Distinguishing short circulation and blood circulation length and trajectory / tools impassable.
- Mengenal berbagai kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah. Know the various disorders / diseases of the circulatory system.
- Menjelaskan penyebab kelainan/penyalit yang terjadi pada sistem peredaran darah. Explaining the causes of defects / penyalit that occur in the circulatory system.
- Menjelaskan upaya menghindari/rehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem peredaran darah. Describes efforts to avoid / rehabilitation of disorders / diseases of the circulatory system.
- Menjelaskan sistem peredaran darah berbagai hewan. Explaining the circulatory system of animals.
- Mengidentifikasi alat-alat peredaran darah berbagai hewan. Identify the tools circulation of animals.
- Mengidentifikasi ciri khas berbagai sistem peredaran darah berbagai hewan. Identifying characteristics of the circulatory system of animals.
| Guru mengarahkan siswa untuk: Teacher instructing students to:
- Melakukan pengamatan komponen darah dari preparat apusan darah. Conduct observations of blood components from blood swabs preparations.
- Membandingkan hasil pengamatan dengan literatur untuk menemukan struktur darah pada manusia. Comparing the observations with the literature to discover the structure of human blood.
- Mencari informasi dari berbagai sumber fungsi darah manusia. Seek information from various sources of human blood functions.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Melakukan tes golongan darah sendiri. Blood tests alone.
- Mendiskusikan prinsip dasar penggolongan darah manusia. Discuss the basic principles of classification of human blood.
- Mendiskusikan dasar-dasar transfusi darah pada manusia. Discusses the basics of blood transfusion in humans.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Menggunakan charta peredaran darah menganalisis struktur alat peredaran darah dan proses peredaran darah manusia melalui diskusi . Using circulation Charta tool to analyze the structure and circulation of human blood circulation process through discussion.
- Menggali informasi dari film/CD interaktif/penelusuran internet mencocokkan kebenaran hasil analisis dan diskusi. Get information from the film / interactive CD / Internet search results match the truth of the analysis and discussion.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Melakukan kajian literatur/penelusuran internet menemukan penyebab berbagai penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia secara mandiri. Literature review / search the internet to find the cause of diseases that occur in the human circulatory system independently.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Melakukan kajian dari koran/majalah/penelusuran internet/ literatur menemukan penggunaan teknologi dalam membantu gangguan sistem peredaran darah. Conduct a study of newspapers / magazines / internet searches / literature to find the use of technology in helping the circulatory system disorders.
Guru mengarahkan siswa untuk:
Teacher instructing students to:
- Membandingkan sistem peredaran darah pada berbagai hewan menggunakan charta. Comparing the circulatory system in various animals using the Charta.
- Mengidentifikasi ciri khas sistem peredaran masing-masing hewan . Identifying the circulatory system characteristics of each animal.
- Mengkaji literatur sistem peredaran darah berbagai hewan. Studying literature circulatory system of various animals.
|
|
|
Jenis tagihan : Type of bill: Tugas kelompok, ulangan. The task group, repeat.
Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (laporan hasil studi penggunaan teknologi merehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem gerak), tes pilihan ganda Products (study reports the use of technology to rehabilitate disorders / diseases of the motion system), multiple choice test
sikap, ulangan. attitude, repeat.
Jenis tagihan : Type of bill:
Tugas kelompok, ulangan. The task group, repeat.
Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (laporan hasil studi penggunaan teknologi merehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem gerak), tes pilihan ganda Products (study reports the use of technology to rehabilitate disorders / diseases of the motion system), multiple choice test
sikap, ulangan. attitude, repeat.
Jenis tagihan : Type of bill:
Tugas kelompok, ulangan. The task group, repeat. Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (laporan hasil studi penggunaan teknologi merehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem gerak), tes pilihan ganda Products (study reports the use of technology to rehabilitate disorders / diseases of the motion system), multiple choice test
sikap, ulangan. attitude, repeat.
Jenis tagihan : Type of bill:
Tugas kelompok, ulangan. The task group, repeat.
Bentuk instrumen: Form of instrument:
Produk (laporan hasil studi penggunaan teknologi merehabilitasi kelainan/penyakit pada sistem gerak), tes pilihan ganda Products (study reports the use of technology to rehabilitate disorders / diseases of the motion system), multiple choice test
sikap, ulangan attitudes, repetition
|
4X45'
2X45'
2X45' 2X45 '
2X45' 2X45 '
|
Sumber: Source: Buku acuan
yang relevan, laboratorium. Relevant reference
books, lab.
Alat: Tools:
OHP/komputer, LCD, Torso manusia, mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pembakar spiritus. OHP / computer, LCD, human torso, a microscope, glass objects, glass cover, spirit burner. Bahan: Material:
LKS, bahan ajar, bromtymolblue, korek api, darah., Serum anti A-serum anti B, charta sel-sel darah manusia. Worksheets, teaching materials, bromtymolblue, matches, blood., Serum anti-A anti-B serum, cells Charta of human blood.
Alat: Tools:
OHP/komputer, LCD, torso manusia, OHP / computer, LCD, human torso,
Bahan: Material:
LKS, bahan ajar, bahan presentasi, charta sistem peredaran darah manusia. Worksheets, teaching materials, presentation materials, Charta of human circulatory system.
Alat: Tools:
OHP/komputer, LCD, torso manusia, OHP / computer, LCD, human torso,
Bahan: Material:
LKS, bahan ajar, bahan presentasi, gambar/foto pemanfaatan teknologi dan kelainan/penyakit sistem peredaran darah.. Worksheets, teaching materials, presentation materials, images and technology utilization disorders / circulatory system diseases ..
Bahan: Material:
LKS, bahan ajar, bahan presentasi, gambar/foto/ charta sistem peredaran berbagai hewan. Worksheets, teaching materials, presentation materials, pictures / photos / Charta circulatory system of animals.
|
Komentar
Posting Komentar